Analisis Jabatan (Anjab)

Mengetahui Pengertian Analisis Jabatan, Tujuan dan Manfaat Analisis

Analisis jabatan memiliki peran yang penting dalam sebuah organisasi untuk menempatkan orang pada suatu jabatan atau posisi tertentu. Karena tanpa melakukan analisa dan pengetahuan yang memadai tentang apa yang dilakukan oleh para karyawan atas pekerjaannya, organisasi tidak akan dapat membentuk prosedur sumber daya manusia yang efektif untuk memilih, mempromosikan, melatih, menilai dan memberikan kompensasi kepada karyawan.

Untuk mengetahui tentang analisis jabatan, berikut ini merupakan pengertian dari Analisis jabatan lengkap dengan tujuan dan manfaatnya.
Pengertian Analisis Jabatan

Analisis jabatan merupakan suatu kegiatan pengumpulan, penilaian dan penyusunan berbagai informasi secara sistematis yang berkaitan dengan jabatan.

Menurut Flippo, Analisis jabatan merupakan proses mempelajari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan operasi dan tanggung jawab suatu pekerjaan tertentu.
Menurut Dessler, Analisis jabatan merupakan prosedur untuk menetapkan tugas dan tuntutan keterampilan dari suatu jabtan dan orang yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut.

Menurut Mathis dan Jakson, ia mengartikan analsis jabatan sebagai A Systematic may to gather and analyze information about the content and the human requirements of jobs, and the context in which jobs are performed. (analisis jabatan merupakan cara sistematik untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang isi dan personal yang dipersyaratkan dalam jabatan, dan dalam hubungannya dengan prestasi jabatan).

Teknis dalam analisis jabatan merupakan sebuah proses dimana sejumlah pekerjaan dibai0bagi untuk dapat menentukan tugas dan memiliki tanggung jawab yang hubungannya dengan sebuah pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *