Analisis Jabatan Bagi PNS

Seiring makin kokohnya desentralissasi dan otonomi daerah maka diperlukan peningkatan kapasitas pemerintah daerah yang memadai dan salah satu komponen peningkatn kapasitas di daerah adlah pengembangan sumber daya manusia atau diklat/bimtek bagi pejabat strukturale di daerah. karena itu suatu analisis jabatan atau analisis pekerjaan sangat diperlukan untuk menempatkan pegawai yang tepat dengan diskripsi pekerjaannya. Pengertian Analisis jabatan bagi pegawai negeri sipil ( PNS ) yaitu proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan/ pengkajian data jabatan menjadi informasi jabatn dalam rangka pendayagunaan aparatur pemerintah.
definisi analisis jabatan (anjab) adalah kegiatan untuk mempelajari dan menyimpulkan keterangan/fakta yang berkaitan dengan jabatan secara sistematise dan teratur. Teknik analisis jabatan sendiri merupakan suatu proses dimana sejumlah pekerjaan dibagi – bagi untuk menentukan tugas dan tanggungjawab yang ada hubungannya dengan pekerjaan, persyaratan apa saja yg harus dipenuhi dimana pekerjaan tersebut dilakukan and then kapabilitas personal yang disyaratkan untuk mencapai kinerja yang maksimal.
ANALISIS JABATAN BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL ( PNS )
Beberapa tujuan analisis jabatan antara lain :

untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas dalam menghadapi perkembangan ekonomi,
untuk menciptakan kenyamanan saat bekerja,
dan supaya terkendali dalam pekerjaan pada suatu perusahaan/organisasi .

analisis jabatan juga memiliki banyak manfaat untuk pimpinan suatu perusahaan/organisasi, salah satunya untuk memecahkan masalah mengenai kepegawaian khususnya yang berkaitan dengan tugas yang harus dilakukan oleh pekerja pada perusahaan tersebut.

Sumber : http://info.diklat.org/bimtek-diklat-analisis-jabatan-bagi-pegawai-negeri-sipil/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *